Tuesday, March 10, 2015

ELEGI DI PAGI HARI

NASIP BANGSA INI ADA DI PUNDAK KITA KAWAN
hari yang panas
musim tandur ,ekonomi mulai mengeliat kembali ,ya hari iini,tepatnya mulai hari ini tonggak sejarah akan terukir di dalam kehidupan gue
mulai hari ini 10 maret 2015 gue ,menjadi seorang petani
mungkin bukan sesuatu yang besar untuk kemajuan ekonomi indonesia dan dunia
,ini hanya sedikit tindakan seorang yang mencoba bertahan menentang kerasnya roda kehidupan [lebay yo ben]

tahun ini gue kebagian nanem padi seperempat pathok[ [ukuran sawah di tempat ku pathok.ga tahu ukuran dalam bahasa indonesianya]
yah seperempat nya sawah emak dan bapak

modal awal 250 untuk bayar sewa mesin luku [mboh namanya opo asline.tapi kalau di tempatku yo luku mesin ]mesin yang berfungsi untuk mengemburkan tanah di sawah]kegiatan ini di mulai dari kemaren karena gue kerja jadi ga tahu step demi step.yang gue tahu sore nya gue harus bayar 250 ribu. kata emak itu bayar untuk ngluku seprapat pathok
untuk bibit padi alhamdulilah geratis [minta emak ]karena awal nya gue ga niat nanem sendiri jadi ga nyebar benih padi

setelah sawah siap di tanam i padi,,,yang selanjutnya gue lakuin nyari tukang tandur ,setelah melakukan pencaian yang yang panjang dan melelahkan [kie asli lebay]akhirnya dapet juga orang yang mau bantu gue tandur ,untuk tandur sawah seperempat pathok di butuh kan 5 orang dengan upah 50 rebu untuk masing masing orang [lepas,ga ngasih apa apa ]
total untuk kegiatan tandur ini menghabiskan modal 250 rebu

pagi pagi sekali jam 6 gue udah bangun[biasanya gue bangun pagi jam 9]segera gue beranjak ke sawah dengan maksud lihat orang tandur di sawah yang gue garap ,tapi apa yang terjadi sampai di sawah ternyata kegiatan tandur udah beres
gue bingung kapan ini orang orang kerjone ,setelah sedikit bertanya ternyata acara tandur di laksanakan mulai jam 1 malem ,

sumpah gue kaget,ada rasa salut dan kagum ama ibuk ibuk yang kerja tandur..
ketika gue masih enak enak tidur dan mimpiin julia peres , para ibuk ibuk super ini, udah kerja banting tulang, untuk tandur
pagi itu juga langsung gue bayar jasa orang tandur.karena gue takjub dan salut dengan etos kerja para ibuk ibuk , gue tambahain upahnya ,,ya gue bayar masing masing 50 rebu sesuai kesepakatan dengan tambahan senyum manis gue
[yakin ibuk ibuk yang lihat senyum manis gue langsung muntah hahahaha]

TOTAL BIAYA
250 untuk sewa luku
250 untuk bayar orang tandur
untuk biaya ngairin sawah masih geratis karena pas mau di luku sorenya ujan
sebetulnya untuk biaya lain lain masih ada tapi kerena gue masih tahap belajar sementara di handle emak ,ama babeh dulu
dan tentunya kedepan masih banyak biaya yang harus di keluarkan 

ini usaha gue untuk ikut mewujudkan swasembada pangan yang di canangkan bapak presiden jokowi [presiden pilihan emak dan babeh tercinta]
oke lanjut pulang.di jalan gue berfikir ini pasti cara emak untuk ngajarin gue bertahan hidup di tengah kerasnya belantara kehidupan
makasih ya mak ,beh
pingin cepet panen.......

percayalah suatu saat kalian akan sadar begitu berartinya petani kayak gue dan lambat laun kalian pasti akan sadar ketika uang yang kalian miliki ga enak untuk di makan hehehehe
gue udah mulai bertani ,,kalian kapan kawan?

No comments:

Post a Comment