Thursday, March 12, 2015

BELAJAR TENTANG MAKNA HIDUP

sampai hari ini hiruk pikuk tentang tandur dan mopok[sebutan nyangkuL di sawah versi sragen]masih rame juga ,dan babeh yang udah lumayan tua dan ringkih masih saja nekat untuk kerja macul dan ndaut bahkan kemaren pagi pagi jam 6 udah kerja macul pulang jam 11,trus jam 1 lanjut ndaut ampe jam 17.
malam nya jam 1 udah lanjut ndaut lagi ampe jam 3.jam 6 berangkat macul lagi,[jujur gue yang masih gagah perkasa aja capek mbayangin jam kerja babeh]

padahal udah setahun ini babeh ga pernah kerja karena emang setahun ini babeh sakit sakitan.
walau pun ga bekerja gue sebagai anak,lumayan bisa mengganti tugas babeh untuk ekonomi keluarga.

lagian usaha emak di pasar masih jalan,jadi ekonomi keluarga selepas bebeh pensiun masih relatif stabil
kita sekeluarga masih bisa makan 3 kali sehari empat sehat 5 sempurna,ngopi,dan minum es marimas rasa jambumerah.

tentu saja gue dan emak merasa khawatir melihat kelakuan semangat babeh untuk kerja keras,kita ber 2 jadi bingung apa maunya babeh ,walau sedikit tiap sore gue selalu ngasih rejeki buat babeh, agar babeh masih bisa nongkrong di warung dan bersosialisasi ama temen temen sebaya

ya gitu babeh adalah sosok manusia keras kepala,tipikal masyarakat desa pada umum nya,yang ga betah untuk berdiam diri di rumah sambil ngopi dan klepas klepus
bahkan gue yakin seandainya jepang menyerang,aral melintang,sempak melayang ,janda merangsang [lho kok]babeh akan terus bekerja

kemaren sore pas balik kerja dan kebetulan babeh di rumah
langsung aja gue tanya kenapa bebeh kerja ,dgn santai seperti biasa babeh bilang.bekerja itu bisa bikin hidup bahagia dan memperpanjang umur karena bisa ngobrol,ngokok,guyon dan makan bareng teman temen,sebuah kegiatan yang menghasilkan dan menyenangkan kata babeh

wah dari kata kata babeh akhirnya gue tahu mengapa babeh lebih senang bekerja dari pada berdiam diri di rumah walau tiap sore selalu ada jatah dari anaknya.

yah ,hidup itu pilihan dan menurut babeh pilihan hidupnya adalah bekerja dan ngrokok bareng temen temennya ,bukan masalah materi tapi tentang kenikmatan dan kebahagiaan hidup dengan bekerja dan bersenda gurau bersama temen temennya tadi ,[sebuah pemikiran yang sederhana yang jarang gue pikirkan]

oke beh kalau begitu anak mu pasti ikut bahagia ketika babeh bahagia menjalani masa tua
met berkarya beh.
dan jangan lupa luangkan waktu buat emak ,paling tidak abis magrib nonton ketoprak di tvri

salam dari anakmu yang ganteng[kata emak ]

satu hal yang gue dapat obrolan bareng babeh kemaren
hidup itu harus bahagia walau kita sederhana
belum tentu yang kaya bahagia ,yang miskin sengsara.[ini kata kata babeh yang  menohok buangat


karna selama ini gue hanya fokus nyari duit dengan kesibukan yang mangunung.
besuk libur ah jalan jalan menikmati hidup seperti yang babeh lakukan ,,,sekali lagi makasih beh

nek bayaran jangan lupa anakmu di traktir sego hik karo jeroan papat yow hehehehe

12 maret 2015 sore jam 18.30 wib





No comments:

Post a Comment