Tuesday, April 21, 2015

CEMBRENG ITU ADA KARENA KITA MENYUKAINYA

saya sangat suka sekali julia perez cembreng
bahkan saking sukanya dalam seminggu ini saya udah 2 kali ke cembreng.
Saya suka aroma manis ketika melewati orang jualan arum manis,jenang dodol,martabak dan yang paling saya suka adalah bau wanggi orang yang berlalu lalang .
Iya saya suka sekali bau bau itu
saya juga senang sekali melihat anak anak yang terlihat bahagia bersama orang tua dan sanak famili
[indahnya masa kecil]

kemaren sore saya ke cembreng lagi setelah 3 hari yang lalu saya dateng bersama temen temen.Untuk kali ini saya dateng sendirian karena emang awalnya ga niat tapi berhubung kemaren mati lampu,saya tutup lapak sore .Dari pada ngangur di rumah saya iseng ke cembreng lagi sekalian refresing dan sapa tahu ketemu kimcil   temen di cembreng

setelah 12 tahun merantau ,akhirnya saya bisa llihat cemberang lagi.
Saya merasa penataan cembreng kali ini begitu rapi ,pedagang berjejer di pinggir lapangan tempat cembreng di adakan ,orang jualan juga tertapa rapi dan apik ,kita yang melihat jadi terasa lebih santai damai dan asolole

kemaren jam 7 saya berangkat mengunakan motor ,lewat mabang,ngrampal dan pilangsari ,lalu lintas kemaren cukup sepi dan santai ,bahkan saya ga pakai helm dan aman aman aja alias ga ada cegatan polisi atau mokmen seperti biasanya,mungkin pak polisinya udah pulang dan lihat cembreng juga kali hehehehe

langsung saya menuju tempat parkir di sana sudah ada puluhan atau mungkin seratus lebih sepeda motor yang berjajar tak keruan. Tak ada yang mengatur karena tukang parkir hanya berjaga di pintu masuk yang terletak di sisi kanan tempat cembreng diadakan
Sepeda motor yang masuk ke areal parkir dicatat pelat nomornya. 3 Petugas parkir membagikan karcis dan memungut uang parkir seharga Rp 2 ribu.tapi penataannya di dalam tidak di atur saya di bebaskan untuk menaruh sepeda motor.

saya sengaja memarkir sepeda motor di pinggir dangan maksud agar kalau pulang nanti gampang karena tidak ketutup sama sepeda motor yang datang setelah saya,beberapa anak baru gede terlihat duduk di sepeda motor,mungkin mereka sedang menungguin pasangannya atau mungkin juga mereka menunggu ibunya yang belanja ,entah lah ,bukan urusan saya

saya duduk di jok motor sejenak sambil melamun,saya jadi teringat 15 tahun lalu ketika terakhir kali ke cemberng sebelum lulus sekolah dan merantau ,waktu itu saya bersama temen temen sakampung naik sepeda onthel.menempuh jarak 10 kilo.ah betapa menyenangkan waktu itu walau hanya mengendarai sepeda onthel tapi lebih membahagiakan karena bareng temen temen dan tentunya ga kesepian.

RUMANGSAMU PENAK NONTON CEMBRENG DEWE,AN
YO ORA

walaupun waktu itu hanya mampu beli es dengan urunan tapi berasa begitu indahnya ketika kita bergantian minum dengan sedotan yang sama .katika itu saya bersama kawan kawan berangkat dari rumah badha magrib biasanya ber 6 dengan 3 sepeda onthel [saya menyebutnya sepeda ontho]berboncengan,bukan tanpa alasan.bawa 3 sepeda,yah maksudnya untuk menghemat tenaga ,biasanya perjalanan berangkat saya yang di boncengain ,dan pas pulang saya gantian ngeboncengin temen

dan sampai di cembreng biasanya sekitar jam 8 atau setengah sembilan ,waktu itu saya sama temen temen naruh sepedanya di tempat sembarangan aja karena saya dan kawan kawan ga punya cukup duit untuk bayar parkir

ga terasa udah 15 menitan saya melamun,langsung saja saya berjalan ke tempat berlangsung nya cembreng tersebut,karena haus saya berhenti sebentar untuk beli minuman di depan pintu masuk cembreng,ketika  saya datang, si mbak penjual sibuk meladeni anak dan bapak bapak yang beli juga, .bapak itu saya taksir umurnya sekitar 40 tahun,perutnya sedikit buncit dangan jam tangan yang kecil di tangannya,baju di masukin ke celana,sebatang rokok kretek  terselip di mulutnya.terlihat tenang dan sangat sayang dan perhatian pada anaknya.
saya merasa 5-10 tahun lagi mungkin akan seperti bapak itu buncit dan mengandang anak sambil lihat cembreng

akhirnya tiba giliran saya yang dapet giliran di buatkan es poci

Dengan suara lembut mbak yang jualan bertanya
;;minumnya es opo mas?
;kalau es kopi mik piro mbak?saya balik nanya dangan suara yang di paksakan ngebas biar terkesan gagah berani atau berani menggagah i [halah]
,5000 mas jawab si mbak yang jualan
;kok larang men men mbak jawab saya sambil memperpanjang pembicaraan kerena si penjual es poci cantik{hehehehehe]
;biasa mas kabeh yo semono adol e
kalau es teh piro mbak ?saya tanya lagi
;;3000 mas ?jawab mbak cantik yang jualan
ya udah saya esteh aja


dengan cekatan seperti megawati,mbak penjual es yang cantik itu membikinkan saya es teh ,ga sampai 10 detik esnya udah jadi ,langsung saya bayar es teh tadi dan dengan basi basi sebentar saya langsung masuk ke area cembreng sambil nenteng es teh di tanggan
[seorang diri lihat cembreng sambil nenteng es poci saya kok merasa seperti seorang bencong sedang mencari mangsa wkwkwkw]

saya berjalan lurus sambil melihat lihat banyak pedagang mulai dari arum manis,pakaian mainan ,sepatu,buku ,alat masak ,sendal ,dan pandangan saya berhenti pada seorang bapak yang jualan kapal dari kaleng bekas ,di kasih sumbu dan minyak goreng ketika di nyalakan asap dari sumbu itu akan mengerakkan kapal.saya menyabutnya kapal othok othok

dulu ketika saya masih kecil dan unyu unyu hal yang paling aku suka adalah beli kapal othok othok tadi ,seperti ada istilah walau pun sudah seribu kali ke cembreng kalau belum beli kapal othok othok rasanya ya belum afdol

setelah melihat lihat othok othok tadi saya lanjut masuk ke arena permainan ada banyak sekali arena bermain di cembreng dari arena pancingan ,lempar rotan,rumah hantu,kora kora,kapal kapallan goyang,kereta goyang ,kuda kudaan goyang dan tentu saja ikon cembreng itu sendiri tong setan,saya merasa cembreng sekarang lebih banyak arena permainannya di banding 12 tahun lalu ketika terakhir saya lihat cembreng .tapi tetep indah di nikmati

saya terus berjalan sampai akhirnya sampai di pojok,saya berhenti sambil minum es yang saya beli tadi sambil pesen mie baso yang ada di pinggir arena cembreng tersebut.untuk kali ini saya agak kecewa karena rasa mie basonya biasa saja di tambah harga yang lumayan mahal 15 rebu

setelah acara makan selesai saya melihat lihat stand penjual baju ,kaos dan celana walaupun dari awal niat saya datang ke cembreng hanya untuk refresing tapi setelah melihat lihat stand pakaian tadi saya  tertarik membeli salah satu barang ,ya barang itu hanya sebuah kaos batik [kaos oblong bermotif batik]

setelah basa basi sebentar saya menanyakan harga kaos batik tersebut

,mbak piro regane kaos niki?
,se,ket ewu mas [50 ribu mas]
,30 ewu ga entuk to mbak saya menimpali
,urung uleh mas ,kulak e ae 35
,yo wis mbak 35 ya,kata saya
,45 mas kata mbak penjual

karena saya merasa kemahalan akhirnya saya urungkan niat beli kaos tersebut walau pun saya pingin memilikinya
saya pamit ke penjual ngih mpun mbak nek mboten angsal mboten jadi ,dan saya langsung berbalik dengan maksud untuk melihat lihat toko sebelahnya ,beru beberapa langkah saya berjalan ,saya di pangil ama mbak yang jualan

mas mas gimana kalau 80 ribu dapet 2,setelah berfikir dengan seksama dan tempo sesingkat singkatnya akhirnya saya iya kan penawaran pedagang kaos tersebut.

transaksi berlangsung duit saya berpindah tangan  saya dapet kaos batik 2 biji dengan harga 80 rebu.
Ah ternyata saya terperdaya mulut manis dan bujuk rayu  pedagang kaos walaupun awalnya saya   hanya melihat lihat akhirnya terbujuk membeli kaos bahkan 2 biji[hehe hanya becanda]

ga terasa udah 2 jam saya mengitari arena cembreng mulai dari lihat pancingan ,makan mie baso dan  di sambung membeli kaos.
setelah merasa capek saya akhirnya memutuskan untuk pulang.
saya langsung menuju ke parkiran ,di ketika jalan dari tempat saya membeli kaos sampai parkiran saya melihat pengunjung yang semakin rame .

sebagai anak yang berbakti kepada orang tua ,gagah berani,suka menabung,males nyuci baju serta hafal pancasila tak lupa saya membelikan oleh oleh buat emak dan babeh ,ya saya membelikan bebeh satu loyang martabak telur seharga 22 rebu.berbaktikan saya?lha wong saya jee

setelah acara beli oleh oleh beres
saya langsung stater motor ,nyerahin karcis dan pulang ,perjalanan pulang berjalan seperti biasanya jalanan terkesan begitu sepi padahal jam baru menunjukkan pukul 22.00.Dilampu merah ga ada penumpukan kendaraan seperti di jakarta ketika dulu saya merantau .Ah benar bener kota yang indah sragen ini

jam 22 20 saya sampai rumah .
Sampai di rumah saya ga langsung masuk saya berhenti di depan rumah sebentar,duduk di teras,sambil merenungkan ,betapa indahnya sragen.

ketika merantau di jakarta saya pernah beberapa kali  melihat pekan raya jakarta .kalau di bandingkan pekan raya jakarta ,cembreng bukan apa apa.
dari banyaknya acara,cembreng kalah jauh dari pekan raya jakarta,dari banyaknya stan cembreng ga ada apa apanya dari pekan raya jakarta,dari banyaknya diskon cemberang butiran debu di bandingkan pekan raya jakarta.
bahkan kalau di bandingkan sekaten yang notabene lebih kecil dari pekan raya jakarta  cembreng masih kalah jauh dari segi ramainya,permainan,penjual dan pengunjung 

tapi entah mengapa kok rasanya saya lebih menikmati melihat cembreng di banding pekan raya jakarta.
dari kecil sampai sekarang saya brengosan dan brewokan, saya sangat menyukai cembreng.
saya sendiri ga tahu apa yang membuat saya suka sekali cembreng

mungkin seperti pepatah lebih baik ujan emas di negeri sendiri dari pada ujan batu di negeri orang,
sehingga saya sangat menyukai cembreng di banding pekan raya jakarta

sragen 21 april 2015


1 comment:

  1. mba penjual-e esteh cakep minumannya makin enak je.
    mainan kapal-kapalan itu mengingatkan masa kecil saya.

    salam,
    http://alrisblog.wordpress.com

    ReplyDelete