Sunday, April 19, 2015

CEMBRENG PENYELAMAT MALAM MINGGU JOMBLO NGENES


Bila Jakarta punya Prj yang mendunia ,solo punya skaten yang indah,Sragen juga mempunyai festival semacam itu walaupun dalam acara dan lingkup yang lebih kecil.ya acara mirip prj dan skaten itu di sragen di namakan  cembreng.

cembreng?
iya cembreng

oke yang belum tahu cembreng.
sebagai pembuka saya terangin dulu apa itu cembreng


Cembeng atau Cembengan saya menyebutnya.
Cembrengan adalah kegiatan ritual,perayaan dan hiburan.mungkin maksudnya untuk keselamatan sebelum pabrik gula mengadakan musim giling. ketika panen raya tebu.
secara umum saya mengartikan cembreng adalah acara pasar malam dan acara hiburan seperti tong setan,komedi putar ,kereta mini ,naik kora kora,dangdut dan biasanya di tutup dengan wayang kulit di akhir acara cembrengan tersebut.

bagi saya makluk yang sudah lama ga di jamah kaum hawa cembreng adalah waktu yang tepat  untuk cuci mata,lihat cewek sragen  yang cantik,semlohai,dan wanggi [kapan lagi bisa lihat bayak cewek cantik wanggi kalau bukan di cembreng]walaupun kenyataannya banyak juga cewe yang busik dan korengan  [anyak pekok]

sejatinya cembreng adalah sarana bagi kaum jomlo untuk mencari pasangan atau paling tidak untuk membunuh waktu di malam minggu yang kejam,mencekam dan mematikan .halah

bagi yang suka wisata kuliner dan ga terlalu kaya [baca rodok kere ]cembreng juga menyediakan banyak sekali makanan yang maknyus dan tentu saja murah meriah dari yang namanya sambel tumpang,mie godok,tongseng,arum manis,macam macam kue,marbtabak,jenang dodol dan masih banyak lagi

pada awalnya  perayaan ini ditujukan untuk buruh pabrik pengilingan tebu dan masyarakat sekitar sragen.
tapi pada kenyataanya cembreng sudah menjadi daya tarik wisatawan di luar sragen.kebetulan kemaren saya berbincang dengan pengunjung yang datang jauh jauh dari ngawi hanya untuk lihat cembreng.hebatkan cembreng?

di akhir tulisan saya selaku bupati sragen  jomlo korengan dan panuan ,mengajak anda sekalian untuk datang dan mensukseskan acara cembreng biar ekonomi sragen berputar

semalem saya udah ke cembreng,udah makan tongseng dan mie godok.bagi saya wisata kuliner adalah segalanya.
kalian  kapan ke cembreng?


;;saya mah kalau makan ga mikirin harganya yang penting murah;;

#gue mah orang nya gitu




































No comments:

Post a Comment